Karakteristik Makanan Khas Norwegia


Makanan yang merupakan makanan khas Norwegia, adalah makanan yang hanya akan anda temukan di negara Norwegia. Ketika kita sedang berkunjung ke suatu tempat rasanya akan tidak afdol jika tidak mencicipi kuliner daerah tersebut. Begitu Pula ketika anda berkunjung ke negara Norwegia, entah untuk liburan ataupun juga tinggal di negara ini. Secara umum, masakan Norwegia ini memiliki kemiripan dengan negara-negara nordik tetangganya seperti Denmark, Swedia, Finlandia dan beberapa negara lainnya. Namun, makanan khas Norwegia tersebut terdiri dari beberapa hidangan unik yang dimasak dengan cara yang cukup unik juga.

Karakteristik Makanan Khas Norwegia

Sehubungan dengan terjadinya musim dingin yang cukup panjang, kebanyakan hidangan dan juga Masakan tradisional yang berasal dari Norwegia, khususnya mereka yang berada jauh dari hiruk-pikuk kota biasanya akan menggunakan bahan-bahan yang mereka budidayakan atau tanam sendiri. Dalam satu hari, biasanya mayoritas dari penduduk dari negara Norwegia mereka akan makan tiga atau juga empat makanan utama. Makanan tersebut biasanya akan terdiri dari sarapan dingin dengan menggunakan kopi, makan siang dingin di tempat kerja (biasanya akan dikemas) dan makan malam panas di rumah bersama dengan keluarga.

Teknik Memasak Hidangan Norwegia

Orang-orang yang berada di Norwegia mereka seringkali menggunakan teknik mengeringkan serta mengasinkan ikan maupun juga daging. Meskipun teknik mengawetkan makanan tersebut juga menggunakan teknik tradisional, akan tetapi teknik ini masih menjadi sebuah teknik yang dipergunakan bahkan hingga saat ini.

Ikan dan daging yang nantinya akan diolah dengan cara diasinkan dan juga dengan cara diasap, masih menjadi sebuah teknik memasak hidangan yang populer di sana. Metode lain yang juga biasanya digunakan untuk memasak hidangan Norwegia, yaitu termasuk merebus, menggoreng, dan juga memanggang.

Karakteristik Makanan Khas Norwegia

Secara umum seafood adalah sebuah jantung dan jiwa dari masakan yang ada di Norwegia. Sebagai sebuah penghasil makanan laut segar yang sangat berlimpah, makan nantinya tidak mengherankan jika konsumsi ikan yang ada di negara ini menjadi sangat tinggi. Jenis ikan yang biasanya paling umum akan digunakan dalam hidangan Norwegia termasuk juga dengan hidangan trout, salmon, haddock, mackerel dan juga herring. Makanan khas Norwegia yang juga sangat terkenal yaitu diantaranya :

• Torrfisk, ikan kering yang tidak tawar dan juga dingin.
• Rakfisk, trout ikan yang di oleh dengan cara di asin kemudian difermentasi.
• Gravlax, salmon yang diawetkan dengan garam dan juga gula.
• Lutefisk adalah sebuah ikan yang direndam dalam larutan alkali yang terbuat dari sebuah abu birch.

Ikan paus juga masih menjadi salah satu kuliner unik yang ada di negara Norwegia. Ikan paus dulunya murah dan banyak di konsumsi di Norwegia, tetapi pembatasan perburuan paus dan kenaikan harga ikan tersebut membuat popularitasnya menjadi menurun. Selain ikan, daging juga menjadi salah satu hidangan populer yang ada di Norwegia. Daging yang biasa dimasak sebagai sebuah hidangan lokal Norwegia adalah daging rusa dan juga daging domba. Makanan khas Norwegia yang dibuat dengan bahan dasar daging domba yang disajikan dengan kentang rebus dan kol dikenal dengan nama Fårikal.

Biasanya makanan khas Norwegia ini biasanya akan dihidangkan pada saat Natal yaitu adalah kepala domba, dengan cara mengangkat otak domba dan kemudian membumbuinya dengan menggunakan garam dan terkadang memasak otak yang dibiarkan dalam kepala dan disajikan bersama dengan kentang tumbuk. Di negara ini, Anda juga nantinya akan menemukan hidangan bakso yang terbuat dengan menggunakan daging sapi muda, daging babi, ataupun campuran di antara keduanya. Namun, biasanya bakso yang ada di negara Norwegia memiliki keunikan tersendiri, karena akan disajikan dengan saus yang terbuat dari tomat, kaldu sapi, dan juga krim asam.

Ciri khas dari masakan Norwegia

Standar kuliner yang ada di Norwegia biasanya mengandalkan sebuah rasa dari makanan itu sendiri. Tidak heran juga jika sebagian besar makanan yang ada di negara ini dibumbui dengan sangat ringan. Itu sebabnya sebagian pengunjung yang nantinya datang ke Norwegia dan sering kali menganggap bahwa makanan Norwegia terasa hambar.

Makan Siang Sederhana Kunci Kekayaan Norwegia

Mungkin kita semua bisa belajar sesuatu dari makanan ‘matpakke’ atau makan siang yang menjadi andalan orang Norwegia. Biasanya setiap harinya di Norwegia, terjadi sesuatu yang aneh. Keanehan ini juga kemudian dimulai pada jam 11:30, dan tanda-tandanya adalah bunyi gemerisik dari dalam kertas yang berasal dari tas atau ransel. Tak berapa lama kemudian, orang-orang yang nantinya mulai mengambil paket persegi mereka, yang sudah rapi dibungkus dengan menggunakan kertas minyak.

Fenomena ini biasanya akan terlihat dimana-mana. Di kantor-kantor, sekolah, angkutan umum bahkan mereka yang sedang hiking di dekat fjord penuh es. Jika nantinya ada satu hal yang bisa Anda pastikan, semua bungkusan tersebut nantinya akan berisi roti isi yang sangat sederhana. Dan jika roti ini dibuat dengan cara yang benar, maka roti tersebut akan kering dan tidak berasa warna beige.

Di Norwegia, Anda nantinya tidak harus menunggu waktu makan siang tiba. Karna Roti ini mudah dibuat, mudah dibawa kemana saja, mudah dimakan, dan juga tidak akan mengecewakan. Jika karyawan yang ada di negara lain akan sibuk mengantri saat jam makan siang dan menghabiskan uang untuk membeli sejumlah makanan seperti salad, serta roti isi gaya deli, atau malah tak makan sama sekali. Maka orang Norwegia mengatur makan siang mereka dengan cepat. Setiap pagi, sejak beberapa tahun lalu, mereka menyiapkan sebuah bekal makan siang.

Seiris tradisi

‘Matpakke’, atau yang diucapkan dengan nama ‘maadpukke’, dengan penekanan pada ‘e’, merupakan makanan yang terbuat dari tiga atau empat potongan roti gandum, dengan lapisan daging, ikan, ataupun juga keju di tiap helainya di dalam roti tersebut. Hal ini lah yang membuatnya disebut ‘matpakke’ yang berarti makanan yang disiapkan untuk dimakan di luar rumah. Kini matpakke bukan hanya sebuah roti isi saja, tapi sudah merupakan identitas nasional dan juga kebanggaan budaya Norwegia. Sebagian besar anak-anak yang berada di Norwegia akan membawa bekal tersebut ke sekolah dan orang dewasa pun akan membawa kebiasaan ini sepanjang mereka bekerja.

Menurut Helge Vidar Holm, yang merupakan seorang pensiunan yang telah mempelajari sastra Prancis di University of Bergen. Matpakke sendiri adalah aspek pertama dalam kebudayaan Norwegia yang dipelajari oleh para mahasiswa asing. Bahkan saat mereka pertama kali datang ke negara tersebut. Tradisi ini bermula yaitu pada tahun 1930 an di Norwegia.

Demikian itulah karakteristik dari makanan Norwegia dan kebiasaan orang Norwegia. Norwegia adalah salah satu negara yang menerapkan pola hidup sehat dengan makanan mereka yang berasal dari ikan dan hewan. Bahkan beberapa makanan Norwegia dimasak dengan cara sederhana.